Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelundupan 14 Kg Kuda Laut Kering ke Hongkong Digagalkan

Kompas.com - 05/11/2011, 17:03 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean Soekarno-Hatta menggagalkan upaya penyelundupan ekspor satwa yang dilindungi berupa kuda laut kering.

Paket kiriman yang dieastimasi sebanyak 11.200 ekor dengan perkiraan nilai barang Rp 280 juta itu akan diekspor ke Hongkong.

"Modusnya dengan mengatakan bahwa memeritahukan bahwa isi paket kiriman adalah makanan," kata Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Oza Olivia kepada wartawan di bandara, Kota Tangerang, Sabtu (5/11/2011).

Kepala Seksi Penindakan dan Penyelidikan Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta Gatot Sugeng Wibowo mengatakan, terungkapnya upaya ekspor kuda laut kering itu berawal dari informasi petugas keamanan PT Angkasa Pura 2 Bandara Soekarno-Hatta.

Selanjutnya, petugas Bea Cukai Soekarno Hatta memeriksa paket kiriman ekspor tujuan Hongkong dengan penerima berinisial MYS.

"Pengiriman paket ini melalui Kantor Tukar Pos Udara ini belum memenuhi ketentuan CITES," jelas Gatot. Sebagai tindak lanjut, kata Gatot, barang bukti kuda laut kering diserahkan ke Balai Besar Karantina Hewan Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com