Sesar Cimandiri Diduga Memanjang sampai ke Laut - Kompas.com

Sesar Cimandiri Diduga Memanjang sampai ke Laut

Kompas.com - 28/10/2011, 18:18 WIB

KOMPAS.com — Sesar Cimandiri, sebuah sesar yang memanjang dari barat ke timur wilayah Sukabumi Selatan, diduga memanjang sampai ke lautan. Hal itu diungkapkan pakar kegempaan Institut Teknologi Bandung, Irwan Meilano, dalam Konferensi LIPI-JICA, Jumat (28/10/2011) di Jakarta.

"Kami belum bisa mengonfirmasi bahwa sesar memanjang sampai ke laut karena peralatan pemantauan baru ada di darat. Namun, ada kemungkinan," kata Irwan.

Menurut Irwan, dugaan tersebut dikuatkan oleh banyaknya pola kegempaan di daratan sekitar Sesar Cimandiri yang terjadi terus sampai ke laut dengan pola yang sama. Meski memanjang sampai ke laut, kemungkinan sesar mengakibatkan tsunami kecil.

"Ini sesarnya sesar geser, bukan sesar naik. Tsunami kan diakibatkan oleh sesar naik," kata Irwan.

Menurut Irwan, masih perlu pemantauan untuk mengonfirmasi kebenaran dugaan tersebut. Sejauh ini, Sesar Cimandiri belum banyak terkaji seperti sesar di Sumatera dan Sesar Lembang. Sesar Cimandiri diketahui terbagi menjadi 5 segmen, yakni Cimandiri Pelabuhan Ratu-Citarik, Citarik-Cadasmalang, Ciceureum-Cirampo, Cirampo-Pegleseran, dan Pegleseran-Gandasoli. Penelitian Irwan juga mengungkap bahwa sesar ini bergerak dengan kecepatan 4-6 mm per tahun.


EditorInggried Dwi Wedhaswary

Close Ads X