Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesar Cimandiri Diduga Memanjang sampai ke Laut

Kompas.com - 28/10/2011, 18:18 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Sesar Cimandiri, sebuah sesar yang memanjang dari barat ke timur wilayah Sukabumi Selatan, diduga memanjang sampai ke lautan. Hal itu diungkapkan pakar kegempaan Institut Teknologi Bandung, Irwan Meilano, dalam Konferensi LIPI-JICA, Jumat (28/10/2011) di Jakarta.

"Kami belum bisa mengonfirmasi bahwa sesar memanjang sampai ke laut karena peralatan pemantauan baru ada di darat. Namun, ada kemungkinan," kata Irwan.

Menurut Irwan, dugaan tersebut dikuatkan oleh banyaknya pola kegempaan di daratan sekitar Sesar Cimandiri yang terjadi terus sampai ke laut dengan pola yang sama. Meski memanjang sampai ke laut, kemungkinan sesar mengakibatkan tsunami kecil.

"Ini sesarnya sesar geser, bukan sesar naik. Tsunami kan diakibatkan oleh sesar naik," kata Irwan.

Menurut Irwan, masih perlu pemantauan untuk mengonfirmasi kebenaran dugaan tersebut. Sejauh ini, Sesar Cimandiri belum banyak terkaji seperti sesar di Sumatera dan Sesar Lembang. Sesar Cimandiri diketahui terbagi menjadi 5 segmen, yakni Cimandiri Pelabuhan Ratu-Citarik, Citarik-Cadasmalang, Ciceureum-Cirampo, Cirampo-Pegleseran, dan Pegleseran-Gandasoli. Penelitian Irwan juga mengungkap bahwa sesar ini bergerak dengan kecepatan 4-6 mm per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com