Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Manajemen Bencana Dibuka

Kompas.com - 27/10/2011, 11:42 WIB
Budiman Tanuredjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pameran dan konferensi internasional mengenai manajemen bencana dibuka oleh Menko Kesra Agung Laksono, Kamis (27/10/2011) di Jakarta.

Pameran diikuti lebih dari 100 peserta. Menko Kesra Agung laksono dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pameran bukan untuk memamerkan bencana, melainkan untuk menyiapkan masyarakat untuk menghadapi bencana.

"Kita harus mendorong masyarakat untuk bisa melakukan mitigasi bencana dan membiasakan masyarakat untuk siap menghadapi bencana," kata Agung Laksono.

Dikatakan Agung, bencana alam cenderung meningkat. Bencana di kawasan Asia Pasifik telah mengakibatkan 200.000 orang meninggal dan kerugian ekonomi 2,5 miliar dollar.

Agung menegaskan, dalam bulan November 2011 bersamaan dengan KTT ASEAN di Bali akan diresmikan pusat koordinasi tanggap darurat kawasan ASEAN.

Sedang Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Syamsul Maarif dalam sambutannya mengucapkan terima atas media dan semua pihak yang telah ikut serta dalam menyadarkan masyarakat tentang daerah rawan bencana. Ekspedisi Cincin Api Kompas ikut serta dalam pameran.

Ekspedisi Cincin Api dilangsungkan selama satu tahun dan hasil liputannya bisa dinikmati di harian Kompas, Kompas.com, dan Kompas tv. Selain di platform tersebut, ekspedisi cincin bisa diunduh di App Store dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com