Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Industri Kariangau Ancam Mangrove Center Balikpapan

Kompas.com - 21/10/2011, 17:48 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Perluasan dan pembangunan Kawasan Industri Kariangau (KIK) di Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mengancam Mangrove center di Teluk Balikpapan. Di sepanjang pesisir Balikpapan, tinggal kawasan kariangau yang mangrove-nya paling asri.

Mangrove Center yang seluas 12 hektar dan berada salah satu tepian Sungai S omber, saat ini menuju menjadi ikon wisata bagi Kota Balikpapan, juga terancam. Sejak dicanangkan sebagai kawasan konservasi Juli 2010 lalu, Mangrove Center di Graha Indah, Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Barat ini, diminati pengunjung.

Gerakan menanam mangrove di Sungai Somber dimulai 10 tahun lalu, dan dipelopori Agus Bei. Perlahan, gerakan ini meluas dan dilakukan warga. Hasilnya, kawasan ini kini menjadi daya tarik wisata . Pengunjung bisa menyusuri Sungai Somber sembari menikmati pemandang an mangrove.

Sulit membayangkan kawasan ini nanti dikelilingi area industri. Kami akan menanyakan ke Pemkot tentang rencana KIK ini karena selama ini kami belum pernah diajak membahas, ujar Ketua Mangrove Center yang juga Ketua RT 85 Batu Ampar, Agus Bei, Jumat (21/10/2011) malam. 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com