Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerajinan Patung Batu Trowulan Tembus Pasar Luar Negeri

Kompas.com - 12/10/2011, 19:58 WIB
Abdul Lathif

Penulis

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Kerajinan patung batu buatan perajin dan pematung Trowulan, Mojokerto, tak hanya menembus pasar dalam negeri. Namun pula mampu menembus pasar luar negeri, antaranya Perancis, Belanda, Australia dan Amerika Serikat.

Sebulan rata-rata saya masih menerima pesanan dan mengirim barang ke luar negeri sebanyak dua-tiga kontainer patung batu dalam pelbagai ukuran, kata Antok (31), perajin patung batu ketika ditemui hari Rabu (12/10/2011), di Sentra Kerajinan Patung Batu, di Trowulan, Mojokerto.

Ia mengatakan, krisis ekonomi global yang terjadi dalam tahun 1997 lalu, sempat menghantam usaha kerajinan patung asal Trowulan, namun dalam perjalanan waktu dan upaya keras perajin, usaha patung batu Trowulan kembali pulih dengan mengalirnya pesanan dari luar negeri.

Krisis ekonomi global yang lalu sempat membuat para buyer di luar negeri yang menjadi langganan saya kole ps dan gulung tikar, karena itu mau tak mau saya harus mencari buyer baru agar usaha kerajinan patung Trowulan tetap hidup, katanya.

Dikatakan, perajin patung batu harus kreatif dalam mencari peluang dan pasar luar negeri., karena selama ini hasil peraj in patung batu asal Trowulan lebih banyak melalui bakul dan broker yang ada di Bali, sebelum barang hasil kerajinan patung batu dilepas ke pasar luar negeri.

Saya lebih suka memenuhi pesanan langsung dari broker maupun buyer di luar negeri, karena mereka lebih menghargai kerja profesional, katanya.

Antok mengatakan, broker maupun buyer asal negara Eropa dan Amerika Serikat sangat menghargai kerja profesional , sehingga pihaknya tidak mau gegabah tatkala menerima pesanan dalam jumlah banyak melebihi kemampuan dan kapasitasnya.

Masalahnya, terkait dengan kemampuan finansial, karena deposit dari broker maupun buyer biasanya hanya sekitar 30-40 persen dari nilai total barang pesanan, katanya.

Ia menyatakan, kepercayaan broker maupun buyer luar negeri terhadap kerja profesional perajin, bakan luntur dan berbalik tidak percaya lagi tatkala merasa dikecewakan dan dirugikan.

Kalau imej kurang bagus, apalagi sudah cacat bisa hilang dimata buyer, tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com