Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Tercepat Asia Tenggara-Eropa Ternyata Lewat Helsinki

Kompas.com - 10/10/2011, 16:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Finlandia memang terdengar seperti negara nun jauh di antah berantah. Nyatanya, penerbangan dari Asia Tenggara menuju Eropa melalui Helsinki, ibu kota Finlandia, merupakan rute tercepat. Hal tersebut diungkapkan Sales Director for Singapore and South East Asia Finnair Petteri Kostermaa.

"Wisatawan dari Indonesia dapat pergi ke Helsinki melalui Singapura, ini merupakan rute penghubung tercepat untuk wisatawan yang ingin pergi ke Eropa bagian utara. Dari sana, wisatawan dapat meneruskan perjalanan ke lebih dari 50 destinasi di Eropa," ungkapnya seperti tertuang dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (10/10/2011).

Sebelumnya, saat peresmian kantor penjualan cabang Jakarta dari Finnair, maskapai asal Finlandia, Petteri menuturkan penerbangan melewati Helsinki sebagai hub merupakan rute tercepat yang menghubungkan antara Asia dan Eropa.

"Untungnya bumi ini bulat. Sehingga jika dari Singapura ke Helsinki rutenya lebih pendek 1.000 kilometer dibanding rute konvensional. Jadi mengarah ke utara itu malah makin cepat," katanya.

Petteri menjelaskan untuk pasar kunjungan orang Finlandia ke Indonesia yang menggunakan Finnair sudah ada sejak lama. Mereka biasanya mengunjungi Indonesia dalam rangka MICE (meetings, incentives, conferencing, exhibitions).

"Biasanya ke Jakarta, Medan, Bali, Surabaya. Bali menjadi destinasi wisata juga. Sekarang sudah mulai ada yang ke Lombok dan Kalimantan untuk wisata adventure," tuturnya.

Sedangkan orang Indonesia ke Finlandia biasanya mengambil paket Lapland, sebuah destinasi di Finlandia bagian utara.

"Kami juga punya 4 sampai 5 pramugari asal Indonesia, sehingga pelanggan asal Indonesia dapat tetap berbahasa Indonesia saat menggunakan Finnair," katanya.

Sementara itu, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Kai Sauer mengatakan bahwa hubungan kedua negara telah berlangsung sejak lama. Ia menuturkan Indonesia sebagai negara yang perekonomiannya semakin kuat memiliki pola perjalanan yang menarik.

Oleh karena itu, ia berharap semakin banyak orang Indonesia yang dapat berkunjung ke Finlandia. Ia menjelaskan walaupun sebagian besar negara di Eropa mengalami krisis ekonomi, tetapi ekonomi Finlandia tidak ada masalah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com