Kura-Kura Moncong Babi Tiba di Merauke

Kompas.com - 06/10/2011, 20:06 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MERAUKE, KOMPAS.com — Kura-kura moncong babi (Carettochelys insculpta) selundupan yang pada Rabu dipulangkan kembali ke Indonesia dari Hongkong tiba di Merauke, Papua, Kamis (6/10/2011). Satwa yang dilindungi itu akan dilepaskan di alam liar di Bupul, Merauke, Papua.

Sebanyak 610 tukik atau anak kura-kura moncong babi itu tiba di Banadara Mopah, Merauke, sekitar pukul 10.00 menggunakan pesawat Merpati dari Jakarta.

Tukik itu dimasukan dalam lima peti. Sesampainya di Bandara Mopah Merauke langsung dibawa ke kantor KSDA Merauke dan selanjutnya langsung dibawa ke daerah Bupul, Distrik Elikobel, berjarak sekitar 240 kilometer dari Kota Merauke.

"Dicarikan tempat yang paling sesuai dengan habitat asli kura-kura moncong babi. Besok akan dilepaskan di Sungai Bupul," ungkap Suwarji Wakang, Staf Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Merauke, di Merauke, Papua, Kamis.   

Kura-kura moncong babi disebut juga labi-labi. Satwa jenis reptil ini hidup di air tawar. Penyebarannya hanya di tiga negara, yakni Indonesia (Papua bagian selatan), Papua Niugini bagian selatan, dan Australia bagian utara. Habitatnya di rawa dan sungai, dan bertelur di pasir. Pemulangan kura-kura moncong babi, kemarin, oleh Kementerian Kehutanan itu setelah Pemerintah Hongkong menyita satwa dilindungi itu pada Januari 2011. (RWN)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.