Tim Ekspedisi Cincin Api Menuju Puncak Rinjani

Kompas.com - 28/09/2011, 09:28 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas, Rabu (28/9/2011)  pukul 04.00, bergerak menuju puncak Rinjani. Tim akan membuka kamp di Plawangan, dan akan mencoba menuju puncak Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Ketua Tim Ekspedisi Ahmad Arif mengabarkan kepada Kompas di Jakarta, Rabu pagi, tim ekspedisi mengikuti upacara Pembadak semacam acara minta izin untuk mendaki Rinjani. Acara itu dilakukan di Sembalun Bumbum.

"Pendakian akan dilakukan bersama dengan masyarakat adat yang hendak melakukan acara ritual di Rinjani," kata Arif.

Dalam perjalanan ke Rinjani sebagai bagian dari Ekspedisi Cincin Api, tim akan mencoba memetakan hubungan Gunung Rinjani dengan masyarakat dan dampak ekonominya. Kantong kemiskinan juga terdapat di daerah sekitar Rinjani.

Tim Ekspedisi Cincin Api telah mengeksplorasi Gunung Tambora, Kaldera Toba, Anak Gunung Krakatau, dan kini sedang berada di Gunung Rinjani.

Liputan mengenai super vulkanologi Toba bisa disaksikan pembaca pada pertengahan Oktober di Kompas.com, Kompas cetak, ataupun Kompas di Layar Kaca. Ekspedisi Cincin Api Kompas dengan pendekatan multiplatform akan berlangsung selama satu tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.