Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ekspedisi Cincin Api Menuju Puncak Rinjani

Kompas.com - 28/09/2011, 09:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas, Rabu (28/9/2011)  pukul 04.00, bergerak menuju puncak Rinjani. Tim akan membuka kamp di Plawangan, dan akan mencoba menuju puncak Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Ketua Tim Ekspedisi Ahmad Arif mengabarkan kepada Kompas di Jakarta, Rabu pagi, tim ekspedisi mengikuti upacara Pembadak semacam acara minta izin untuk mendaki Rinjani. Acara itu dilakukan di Sembalun Bumbum.

"Pendakian akan dilakukan bersama dengan masyarakat adat yang hendak melakukan acara ritual di Rinjani," kata Arif.

Dalam perjalanan ke Rinjani sebagai bagian dari Ekspedisi Cincin Api, tim akan mencoba memetakan hubungan Gunung Rinjani dengan masyarakat dan dampak ekonominya. Kantong kemiskinan juga terdapat di daerah sekitar Rinjani.

Tim Ekspedisi Cincin Api telah mengeksplorasi Gunung Tambora, Kaldera Toba, Anak Gunung Krakatau, dan kini sedang berada di Gunung Rinjani.

Liputan mengenai super vulkanologi Toba bisa disaksikan pembaca pada pertengahan Oktober di Kompas.com, Kompas cetak, ataupun Kompas di Layar Kaca. Ekspedisi Cincin Api Kompas dengan pendekatan multiplatform akan berlangsung selama satu tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com