Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perompak Bebaskan Tanker Minyak Spanyol

Kompas.com - 24/09/2011, 22:47 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Setelah dibajak selama sepuluh hari, sebuah kapal tanker minyak milik Spanyol, akhirnya dibebaskan para perompak dari Afrika Barat, pada hari Sabtu (24/9/2011). Sebanyak 23 kru yang berada di kapal dalam kondisi baik.

Pembebasan tersebut tanpa disertai tebusan apapun. Pembajak hanya mengambil minyak yang dimuat oleh kapal. Semua kru kondisinya oke. Hanya satu orang yang sedikit terluka ketika ia dihajar oleh bajak laut, kata juru bicara pemilik kapal Consultores de Navegacion, Sheena Campbell.

Para kru terdiri dari warga negara Spanyol, Ukraina dan Filipina. Kapal itu disita pada tanggal 14 September saat berlayar sejauh 62 mil laut dari ibukota Benin Cotonou. Saat kejadian berlangsung, kapal tengah memindahkan minyak ke dalam dalam kapal sebagai muatan.

Menurut Campbell para pembajak berasal dari Afrika Barat . Mereka adalah kelompok pembajak yang membiasa membajak kapal kargo dan biasanya tidak meminta tebusan. Hal serupa juga dilakukan kelompok pembajak Somalia, yang beroperasi di Samudera India.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com