Senyuman Riri Riza soal Tambora

Kompas.com - 24/09/2011, 06:56 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Di keramaian peluncuran Ekspedisi Cincin Api, akhir pekan lalu, Mohammad Rivai Riza (40) tampak menonjol. Bingkai tebal kacamata dan rambut ikal yang cenderung keriting dan mengembang menjadi ciri yang mudah dikenali. Sutradara film ini duduk berdampingan dengan Mira Lesmana, rekannya memimpin rumah produksi Miles Film.

Duduk menyaksikan video Ekspedisi Cincin Api di sekitar Gunung Tambora membuat Riri asyik berdiskusi dengan Mira. Berondong asin menemaninya mencerna gambar demi gambar yang disajikan dalam paket dokumenter. Kata-kata ’cakep’, ’bagus’, ’indah’, dan ’keren’ terlontar saat gambar seperti padang savana dengan kuda-kudanya muncul.

Saat mengikuti talkshow tentang kegunungapian bersama dua pakar vulkanologi dan disinggung tidak adanya lagi pelajaran Bumi dan Antariksa, Riri tersenyum. ”Generasi saya juga tidak dapat pelajaran itu. Saya pernah lihat bukunya, tapi tidak dapat pelajarannya,” ujar Riri.

Minimnya pengetahuan tentang Bumi membuat generasinya dan terutama generasi anaknya tidak terlalu paham tentang Bumi. ”Saat saya bilang akan datang di peluncuran film dokumenter tentang Tambora, anak saya mengira Tambora yang separuh kampungnya terbakar di Jakarta Barat,” ujarnya sambil tersenyum. (INU)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.