Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BP3 Trowulan Teliti Kerusakan Balai Pemuda

Kompas.com - 21/09/2011, 11:01 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, sedang melakukan penelitian di gedung utama Balai Pemuda Surabaya yang terbakar pada Selasa (20/9/2011). Sejak Rabu pagi tadi, kompleks Balai Pemuda Surabaya yang merupakan bangunan cagar budaya dengan klasifikasi A itu sudah mulai dibenahi.

Kepala Dinas Pariwisata Surabaya Wiwik Widyawati mengatakan, selain pemeriksaan oleh polisi dan penelitian oleh tim BP3 Trowulan, pihaknya juga sedang melakukan peninjuan ulang menyangkut event yang akan digelar di gedung itu.

Seperti diberitakan, kebakaran selama satu jam menghabiskan bagian atap gedung Balai Pemuda. Kerusakan paling parah berada di sebelah barat yang bersebelahan dengan SMAN 6 Surabaya.

"Selama ini, gedung itu disewakan untuk beberapa jenis event, mulai dari pernikahan hingga pameran kegiatan seni dan budaya," katanya.

Wiwik menambahkan, dalam satu bulan Balai Pemuda rata-rata dipakai untuk penyelenggaraan 15 event indoor (dalam ruangan). "Jadi, dengan terbakarnya gedung tersebut perlu re-scheduling acara-acara yang akan dilakukan, terutama pada September ini.

Menurut dia, setelah ada hasil temuan, baik polisi maupun BP3 Trowulan, baru disiapkan langkah selanjutnya. Apalagi, bangunan itu merupakan cagar budaya dengan klasifikasi A sehingga perbaikan tidak boleh berbeda dengan bagunan aslinya.

"Perbaikan harus benar-benar sama dengan sedia kala sehingga jangan sampai ada perubahan meski bagian kecil," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com