Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Riri Riza dan Mira Lesmana tentang Cincin Api

Kompas.com - 16/09/2011, 22:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Begitu usai menonton bareng salah satu program andalan Kompas di layar kaca, yaitu Ekspedisi Cincin Api, sineas Mira Lesmana mengaku banyak mendapat pengetahuan baru akan letak geografis Indonesia.

"Jadi sadar kalau kita hidup di daerah rawan bencana," katanya seusai menonton bareng episode "Tambora" di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jumat (16/9/2011).

Setidaknya dengan kesadaran itu, Mira berharap lebih waspada. "Bisa tahu bagaimana mengatasinya dan tahu potensi selain musibahnya," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengapresiasi program Ekspedisi Cincin Api yang mulai tayang di Kompas, Minggu (18/9/2011) pukul 22.00 WIB. "Tadi saya (sudah) menyaksikan yang akan bisa dinikmati di televisi. Ini baru yang pertama dari Tambora," kesannya.

Sutradara Riri Riza juga hadir di acara ini. Ditemui seusai menonton bareng, dia mengaku tidak sabar untuk menyaksikan episode-episode selanjutnya dari program ekspedisi.

"Saya ingin melihat lebih banyak lagi. Seperti hidup di gunung berapi, pasti ada budayanya, ritualnya," katanya.

Riri juga berharap di episode Ekspedisi Cincin Api selanjutnya akan ada ekspedisi kekayaan tambang Indonesia di lingkar cincin api. "Ini mungkin yang paling menyadarkan kita akan Indonesia. Mungkin nanti ada ekspedisi tambang Indonesia di daerah cincin api," ujarnya.

Tak hanya itu, dia akan menjadi penonton setia tayangan Ekspedisi Cincin Api. "Selama ini saya penggemar ekspedisi Kompas. Baru kali ini ada kesempatan menyaksikannya di layar kaca. Ini sarana pendidikan yang luar biasa sekali. Kita harus bisa membaca fenomena alam supaya tidak hanya menjadi musibah, tetapi juga potensi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com