Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Menginfeksi Serangga 300 Juta Tahun Lalu

Kompas.com - 15/09/2011, 16:22 WIB

KOMPAS.com - Virus telah menginfeksi makhluk hidup 300 juta tahun lalu. Elisabeth Herniou, peneliti pada University of Tours di Perancis, kepada Livescience, Senin (12/9/2011), memaparkan, penelitian itu membantu pengetahuan seputar adaptasi virus dan proses evolusinya. Peneliti mempelajari virus parasit pada lebah (bracovirus).

Lebah menggunakan gen viral yang menghasilkan racun dan memasukkan ke mangsa ulat saat lebah mengerami telur. Ulat kemudian bertindak sebagai inkubator untuk telur- telur kumbang. Karena pengaruh gen yang diinfeksikan, ulat membuat racun dan meracuni sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Ini menyebabkan kelumpuhan dan mencegah pembentukan kepompong.

Peneliti membandingkan gen dari bracovirus lebah dengan gen pada nudivirus, virus serangga yang relatif hidup bebas. Mereka menemukan 19 gen pada bracovirus dan nudivirus. Selanjutnya mereka mencari perbedaan jenis bracovirus pada lebah berbeda.

Mereka menemukan bracovirus berevolusi secara terpisah sekitar 100 tahun lalu. Peneliti menemukan nudivirus ada sejak 220 tahun lalu, kemudian berubah menjadi bracovirus sekitar 190 juta tahun lalu. Dengan membandingkan nudivirus dengan baculovirus, virus serangga yang hidup bebas lain, peneliti menentukan dua grup ini terpisah 310 tahun lalu. (Livescience/ICH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com