Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Manis Lahirkan Tiga Bayi Harimau

Kompas.com - 12/09/2011, 18:48 WIB

MEDAN, KOMPAS.com Kebun Binatang/Taman Marga Satwa Medan, Sumatera Utara, makin meriah dengan kelahiran tiga bayi harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae). Kini, Kebun Binatang Medan memiliki tujuh ekor harimau sumatera.

Ketiga bayi itu lahir secara normal pada 24 Juli 2011 di Kebun Binatang Medan, dengan berat badan masing-masing 1,3 kilogram. Kini, berat badan ketiga harimau yang belum diberi nama dan belum diketahui jenis kelaminnya itu masing-masing sudah mencapai 2,5 kilogram. Ketiganya diletakkan satu kandang dengan induknya.

"Secara umum, kondisi bayi-bayi itu menggembirakan. Lincah dan sehat," kata Kepala Urusan Kesehatan Hewan dan Konservasi Taman Marga Satwa Medan, drh Sucitrawan, Senin (12/9/2011).

Kepala Unit Taman Marga Satwa Medan Zainul Akbar Nasution menjelaskan, kelahiran tiga bayi itu merupakan prestasi besar. Jarang sekali harimau sumatera melahirkan tiga bayi sekaligus. Biasanya satu atau dua bayi dalam satu kelahiran.

Sucitrawan menjelaskan, harimau sumatera bisa hidup dan berkembang biak dengan baik jika mereka bebas dari lima hal. Harimau sumatera harus bebas dari lapar, haus, rasa takut, berinteraksi sesama harimau, dan menyalurkan kebutuhan biologisnya. Jika salah satu dari lima hal itu terganggu, kehidupan harimau juga terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com