Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Hemat Energi? Mulai Dulu Hemat Lampu

Kompas.com - 12/09/2011, 12:13 WIB

KOMPAS.com - Mau menghemat energi? Mulailah dengan mengubah kebiasaan buruk, seperti memboroskan pemakaian lampu di dalam rumah. Bila ruangan tidak dipakai, padamkanlah lampu dengan segera.

Selain itu, Anda bisa memilih lampu hemat energi, sehingga efisien saat mengonversi energi listrik menjadi cahaya, bukan membuangnya sebagai panas. Selain itu, lampu hemat energi mampu memberikan pencahayaan lima kali lebih terang ketimbang lampu pijar atau bohlam.

Saat siang hari, lampu sebaiknya dimatikan. Manfaatkan pencahayaan di rumah dengan bukaan. Bila di rumah tidak cukup memiliki jendela, siasati dengan mengganti beberapa genteng rumah dengan fiberglass. Tepat di bawah fiberglass, Anda bisa memasang kaca untuk memasukkan cahaya matahari.

Atur juga posisi furnitur agar tidak menghalangi cahaya lampu dalam ruangan. Kemudian, penerangan yang berlebihan sewajarnya dikurangi.

Besar daya lampu yang digunakan dengan besar ruangan serta fungsi ruang juga harus disesuaikan. Misalnya, untuk ruang baca pakai lampu dengan daya lebih besar dibanding kamar tidur.

Secara berkala, bersihkan bila lampu atau tabung lampu beserta reflektornya hingga bersih. Tujuannya agar tidak mengurangi intensitas cahaya yang dipancarkan. Meski telah dibersihkan namun cahayanya tetap redup, sebaiknya segera diganti baru. Ini akan menghemat energi, karena daya listrik yang dikeluarkan sama besarnya pada lampu baru atay lampu redup. (AJG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com