Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaltim Akan Miliki Kebun Binatang Modern

Kompas.com - 19/08/2011, 22:36 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Provinsi Kalimantan Timur akan segera memiliki sebuah kebun binatang berkonsep modern. "Sebuah kebun binatang berkonsep modern akan segera dibangun di Samarinda dan ditargetkan selesai pada 2012," ungkap Staf Ahli Gubernur Kaltim bidang Kemasyarakatan dan SDM Prof Dr Dwi Nugroho di Samarinda, Jumat (19/8/2011).

Provinsi Kaltim, kata dia, memiliki beragam fauna yang langka dan dilindungi undang-undang, diantaranya orang utan, bekantan, beruang madu, pesut mahakam serta penyu hijau.

"Berdasarkan kekayaan fauna inilah menjadi salah satu pertimbangan pembangunan wadah yang tidak hanya menampilkan beragam satwa langka, tetapi akan di desain dengan konsep modern sehingga pengunjung tidak hanya bisa berinteraksi dengan alam tetapi juga dapat juga menikmati berbagai wahana hiburan lainnya," katanya.

"Sesuai instruksi Gubernur, kebun binatang ini nantinya diharapkan mampu mendisplay kekayaan flora dan fauna sekaligus sebagai sarana konservasi, penelitian, edukasi dan rekreasi bagi masyarakat luas," ungkap Dwi Nugroho.

Dipilihnya Kota Samarinda sebagai lokasi kebun binatang modern tersebut. kata dia, berdasarkan pertimbangan pemanfaatan aset daerah yang belum optimal dan juga jumlah penduduk.

"Masih banyak aset Kota Samarinda yang belum termanfaatkan secara optimal menjadi salah satu alasan penentuan lokasi pembangunan kebun binatang modern ini. Selain bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Provinsi Kaltim dan Kota Samarinda, peran pihak swasta juga sangat diharapkan menyokong pembangunan kebun binatang ini. Swasta juga diharapkan berperan mengelola wahana permainan dan mengisi beberapa satwa di kebun binatang," ungkap Dwi Nugroho.

Sementara Wali Kota Samarinda Sjaharie Jaang menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi Kaltim membangun kebun binatang representatif tersebut.

"Kami akan menyiapkan lahan yang strategis sebagai sikap mendukung rencana Gubernur Kaltim membangun kebun binatan berkonsep modern tersebut. Kami akan segera membentuk tim pengkaji untuk mencari lokasi yang strategis bagi lokasi pembangunan kebun binatang itu," kata Sjaharie Jaang.

Kebun binatang modren itu, lanjut Sjaharie Jaang, diharapkan dapat merangsang pariwisata di Kaltim. "Banyak satwa yang dilindungi terdapat di Kaltim khususnya di Samarinda sehingga dengan adanya kebun binatang modern itu diharapkan akan membangkitkan pariwisata di Samarinda dan Kaltim umumnya. Selain sebagai arena hiburan kebun binatang itu juga diharapkan dapat menjadi wadah penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan terkait satwa langka dan dilindungi tersebut," ungkap Sjaharie Jaang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com