Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruangan Museum Sriwijaya Memprihatinkan

Kompas.com - 19/08/2011, 17:27 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com Museum Sriwijaya yang menyimpan berbagai peninggalan bersejarah Kerajaan Sriwijaya kini kondisinya memprihatinkan.

Langit-langit ruangan museum keropos, berjamur, dan rusak akibat air yang turun dari atap yang bocor. Langit-langit putih yang berwarna coklat karena terkena air tersebar di beberapa sudut ruangan.

Kondisi terparah berada di dekat penyimpanan gerabah. Di tempat itu pilar dan dinding keropos dan berwarna hitam karena jamur.

Di samping itu, lampu di langit-langit pun banyak yang lepas sehingga menggelantung begitu saja dengan kabel yang menjuntai ke bawah sepanjang sekitar 30 sentimeter.

Ketika Kompas mengujungi museum itu, Jumat (19/8/2011), museum tampak sepi pengunjung. Hanya ada empat orang petugas yang berjaga di pintu masuk museum.

Petugas konservasi Museum Sriwijaya, Rizal, mengatakan, rencananya museum akan diperbaiki setelah Lebaran.

Museum Sriwijaya yang menempati lahan seluas 600 meter persegi diresmikan tahun 2008. Koleksinya terdiri dari arca, prasasti, keramik, dan manik-manik. Sebagian besar prasasti dan arca adalah duplikatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com