Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Perang India Jatuh, Dua Tewas

Kompas.com - 04/08/2011, 21:46 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebuah pesawat angkatan udara India jatuh pada hari Kamis (4/8/2011) menewaskan pilot dan seorang gadis yang ada di tanah, kata seorang pejabat. Dua hari sebelumnya kecelakaan serupa melibatkan pesawat tempur era-Soviet MiG-21.            

Pesawat yang jatuh kali ini adalah Jaguar buatan Inggris, jatuh setelah lepas landas dari sebuah pangkalan udara di kota Gorakhpurutara, 650 km dari New Delhi. Hal itu diungkap juru bicara angkatan udara Amit Mahajan per telepon.

Setelah jatuh, puing pesawat justru menimpa seorang gadis,kata Mahajan. Belum dijelaskan secara rinci, berapa orang di dalam pesawat. Dijelaskan, selain gadis yang ada di tanah, pilot pesawat juga tewas.            

Otoritas terkait  menambahkan, penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan. India memasukkan Jaguar sebagai salah satu pesawat latih pada tahun 1979 dan kemudian membangun jet perang lokal di bawah lisensi Inggris.            

Pada hari Selasa, jet tempur MiG-21 jatuh dinegara bagianRajasthan, menewaskan pilot. Sepuluh varian MiG di angkatan udara India jatuh tahun lalu.  India berencana untuk menggantikan pesawat tempur tua dengan 123 pesawat militer baru dari rencana pembiayaan 12 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com