Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragunan Kelebihan Orangutan

Kompas.com - 04/08/2011, 13:16 WIB
M Clara Wresti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Taman Margasatwa Ragunan sedang mengalami kelebihan populasi orangutan. Saat ini jumlah orangutan yang ditampung di Taman Margasatwa Ragunan mencapai 55 ekor.

Rasio jumlah orangutan dibanding kapasitas kandang seharusnya hanya untuk 30 ekor. Demikian dikatakan Ipih Ruyani, Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Kamis (4/8/2011) di Jakarta, menjawab unjuk rasa yang dilakukan oleh Centre for Orangutan Protection yang melakukan unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Namun walaupun kelebihan jumlah orangutan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Taman Margasatwa Ragunan telah berupaya mengatasi masalah itu sejak tahun 2009, dan akan selesai pada tahun 2012.

"Yang kami lakukan adalah menyiapkan sumber daya manusia, rehabilitasi kandang, kerja sama dengan pihak lain, dan nantinya pembangunan kandang bagi orangutan," kata Ipih. Dengan pembangunan ini, diharapkan kehidupan orangutan akan semakin baik. "Tidak benar kami menelantarkan orangutan," tambah Ipih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com