Ilmuwan Korea Ciptakan Anjing Bercahaya

Kompas.com - 29/07/2011, 01:07 WIB
EditorErlangga Djumena

SEOUL, KOMPAS.com Ilmuwan Korea Selatan, Rabu (27/7/2011), menyatakan bahwa mereka berhasil menciptakan anjing bercahaya lewat teknik kloning. Anjing itu diharapkan bisa membantu ilmuwan lain menemukan obat penyakit mematikan seperti alzheimer dan Parkinson.

Anjing betina hasil rekayasa genetika yang bernama Tegon itu lahir pada tahun 2009. Anjing tersebut bisa mengeluarkan warna hijau ketika diberi antibiotik doxycycline. Menurut ilmuwan, kemampuan anjing dalam memproduksi cahaya bisa diaktifkan atau dinonaktifkan dengan menambah makanan obat pada makanannya.

"Penciptaan Tegon membuka horizon baru sebab gen yang diinjeksikan untuk membuat anjing bercahaya bisa disubstitusi oleh gen yang memacu penyakit mematikan pada manusia," kata Byeong-Chun Lee, salah seorang peneliti, seperti dikutip Foxnews.

Chun Lee mengatakan, Tegon diciptakan dengan teknik transfer inti sel somatik yang juga digunakan untuk menciptakan anjing lain bernama Snuppy tahun 2005. Penciptaan anjing untuk menemukan pengobatan penyakit penting sebab anjing dan manusia memiliki 283 jenis penyakit yang mirip.

Menurut agensi berita Korea Selatan, Yonhap, eksperimen pembuatan anjing ini menelan dana 3 juta dollar AS (setara Rp 25 miliar) dan menghabiskan waktu selama 4 tahun. Hasil penelitian para ilmuwan tersebut dipublikasikan pada jurnal Genesis bulan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.