Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerangka Gajah Ditemukan

Kompas.com - 28/07/2011, 03:26 WIB

Bengkulu, Kompas - Dalam sepekan terakhir telah ditemukan sejumlah kerangka gajah di kawasan Pusat Latihan Gajah Seblat, Bengkulu. Kerangka itu diduga tulang belulang gajah yang mati sekitar enam bulan lalu.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bengkulu Amon Zamora, Rabu (27/7), menyatakan kerangka yang ditemukan di Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat adalah tulang belulang gajah. Menurutnya, hanya ada dua kerangka gajah yang ditemukan.

Amon tidak bisa memastikan penyebab kematian gajah itu. Otopsi terhadap kerangka yang ada pun dinilainya tidak bermanfaat. Meski demikian, pihaknya berencana mengundang pihak yang terkait dengan konservasi gajah guna membahas kasus ini.

Agar kematian gajah tidak terulang, kata Amon, pengawasan dan penjagaan di PLG Seblat perlu diperketat.

Berdasarkan catatan Kompas, temuan tulang belulang gajah itu menambah daftar panjang kematian gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus). Selama bulan Maret 2011, misalnya, empat gajah sumatera liar di PLG Seblat ditemukan mati keracunan. Bangkai gajah pertama ditemukan tanggal 6 Maret 2011 di Hutan Produksi Terbatas (HPT) Lebong Kandis atau lokasi perkebunan sawit PT Sapta Buana (Alno Group). Adapun tiga bangkai gajah sisanya ditemukan di areal hutan peruntukan lain pada 31 Maret 2011.

Sementara itu Profauna Bengkulu, lembaga swadaya masyarakat pemerhati satwa dilindungi, mencatat bahwa pada kurun 2004-2007 ada 7 ekor gajah sumatera yang mati. Tahun 2009, ditemukan dua ekor gajah yang mati. Setahun kemudian, satu ekor gajah mati. Adapun tahun 2011 setidaknya telah ditemukan 7 ekor gajah mati. (adh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com