Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Berikutnya Asteroid dan Mars

Kompas.com - 27/07/2011, 14:49 WIB

KOMPAS.com — Asteroid dan Mars akan menjadi target misi antariksa Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dalam 15 hingga 20 tahun mendatang. Hal ini ditegaskan oleh Charles Bolden, administrator NASA, saat diwawancara CNN.

Bolden mengaku sudah mendapat titah dari Presiden Barack Obama. "Presiden menegaskan target misi ke asteroid pada 2025 dan misi ke Planet Mars pada 2030," katanya.

NASA sudah mempersiapkan beberapa strategi agar astronot dapat menapakkan kaki di permukaan asteroid. Strategi mereka adalah menempelkan pesawat mini dengan konsep mirip jala atau jaring laba-laba.

Mendaratkan manusia ke asteroid tidak mudah karena hampir tidak ada gravitasi di sana. Seperti dilansir oleh Daily Mail, Senin (25/7/2011), NASA menyebut butuh pesawat ruang angkasa khusus yang dapat tertambat ke asteroid.

Sementara untuk misi Mars, NASA telah membuat suatu laboratorium bergerak yang dikendalikan secara otomatis. Fungsinya untuk berusaha menyelidiki, mengetahui keadaan di planet itu. Alat penjelajah akan didaratkan di wilayah kawah Gale, dekat gunung yang tingginya 5 kilometer. Pembuatan laboratorium yang dikenal dengan nama Mars Science Laboratory tersebut memakan dana tak kurang dari 2,5 miliar dollar AS. (National Geographic Indonesia/Gloria Samantha)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com