Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemda: Jaga Situs Purbakala Gua Pawon

Kompas.com - 25/07/2011, 11:05 WIB

NGAMPRAH, KOMPAS.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat, Jawa Barat, meminta kepada warga sekitar Gua Pawon di Kampung Cibukur RT 04/15 Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, ikut menjaga aset bersejarah fosil manusia purba dan artefak lainnya.

Saat ini warga yang tinggal di sekitar gua tersebut terdapat 40 kepala keluarga (KK), Penataan situs purbakala di kawasan tersebut dipastikan tidak akan membuat warga sekitar terusir dari tempat tinggalnya saat ini, melainkan warga diminta ikut menjaga dan melestarikannya, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) KBB, Aos Kaosar kepada wartawan, Minggu.

"Kita inginkan warga sekitar pun ikut meningkatkan citra positif dari keberadaan Gua Pawon sebagai tempat rekreasi pendidikan dengan menciptakan berbagai asesoris yang berhubungan dengan Gua Pawon," ujar Aos.

Menurutnya, saat ini jumlah pengunjung Gua Pawon tiap minggunya bisa mencapai 100 orang. Setelah museum didirikan, ditargetkan jumlah kunjungan wisatawan bisa naik 10 kali lipat. Mayoritas mereka yang datang ke kawasan itu adalah mereka yang masih berstatus pelajar.

"Setelah museum berdiri, kita harapkan bukan hanya pelajar tapi juga masyarakat umum yang tertarik datang. Apalagi dua tahun pertama berdirinya museum akan kita gratiskan. Mungkin baru pada tahun ketiga akan diberlakukan tiket masuk," ujarnya.

Selain itu, keberadaan monyet liar di sekitar Gua Pawon bisa menjadi tambahan daya tarik wisatawan untuk datang. Terlebih, hewan itu dinilai bersahabat dengan manusia.

Seperti diketahui, Pemkab Bandung Barat bersama Pemprov Jawa Barat akan membangun museum di kawasan situs Gua Pawon. Museum yang menelan anggaran mencapai Rp 1 miliar itu dibangun diatas lahan milik warga seluas 4.000 meter persegi. Tidak ada proses ganti rugi atau pembelian kepada masyarakat. Warga mengizinkan penggunaan lahan itu selama 30 tahun.

"Pembangunan museum ini dilakukan lewat perjanjian diatas kertas agar tidak ada masalah dikemudian hari. Rencananya museum ini akan menyimpan benda peninggalan masa lalu yang ditemukan di Gua Pawon berupa fosil manusia purba dan benda-benda pada masa lalu lainnya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com