Kolesterol Tinggi Picu Gangguan Pendengaran

Kompas.com - 16/07/2011, 08:57 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com- Pola makan tinggi lemak dan kurang olahraga bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat yang bisa berujung pada penyumbatan pembuluh darah. Bahaya lainnya adalah penyumbatan pada telinga.

Sebuah penelitian menunjukkan orang yang menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) mereka dengan obat golongan statin atau pun mengonsumsi sumber lemak sehat berhasil menurunkan risiko mereka kehilangan pendengaran hingga 50 persen.

Lantas, bagaimana kolesterol bisa berpengaruh pada indera pendengaran? Kolesterol akan membuat darah menjadi lebih kental sehingga terjadi gangguan pada sirkulasi darah di bagian dalam sistem auditori yang sangat kecil dan kompleks. Hal ini terlihat pada binatang babi.

Para peneliti dari Australia mengatakan kolesterol jahat akan mengurangi aliran darah, termasuk ke bagian telinga sehingga mereka tidak bisa berfungsi normal.

Untuk itu para ahli menyarankan agar kita menjaga kadar kolesterol jahat dalam tubuh masih dalam batas normal. Para ahli masih mrekomendasikan olahraga ringan 30 menit setiap hari untuk memiliki badan yang sehat.

 



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X