Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga 30 Menit Pun Tetap Bermanfaat

Kompas.com - 09/07/2011, 17:44 WIB

KOMPAS.com - Kelas-kelas latihan di pusat-pusat kebugaran kini dipenuhi dengan para ibu rumah tangga, karyawan, maupun wirausahawan, yang ingin membuat tubuhnya tetap sehat.  Namun, jadwal yang tak sesuai kesibukan, atau rute perjalanan dari rumah atau kantor yang "tak mau mampir" ke pusat kebugaran, membuat sesi latihan kadang terlewatkan.

Bila hal ini terjadi, Anda tak perlu langsung merasa rugi sudah membayar ongkos keanggotaan yang mahal. Anda bahkan tak perlu meluangkan waktu khusus untuk berolahraga. Cukup tetapkan niat untuk selalu membuat tubuh Anda bergerak dengan aktif, di rumah maupun di kantor. Sebab menurut penelitian terbaru, menggerakan kaki secara teratur dalam waktu 30 menit saja sudah dapat membuat Anda tetap bugar.

Aktivitas sederhana seperti keluar-masuk dapur untuk membuat secangkir teh atau membuat cemilan ringan, membereskan tempat sampah dan membuangnya ke depan rumah, atau memasukkan peralatan makan yang sudah kering ke atas rak, dapat meningkatkan kebugaran karena saat itu terjadi aktivitas fisik yang tak terduga. Yang ingin disampaikan oleh para ilmuwan dari Queen's University di Kingston, Ontario, ini adalah, aktivitas sekecil apapun pasti akan bermanfaat.

"Olahraga ringan seperti berjalan-jalan di sekitar rumah, memilih menghampiri teman sekantor yang berbeda divisi daripada mengirimkan e-mail untuk menyampaikan pesan, sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh kita dalam jangka panjang," tegas Ashlee McGuire, pemimpin penilitian ini.

Melakukan aktivitas tersebut setiap hari sangat baik untuk jantung dan paru-paru, serta dapat mengurangi resiko terkena penyakit  kardiovaskular. Dalam jangka pendeknya, seperti disampaikan Mayo Clinic di Minnesota, aktivitas fisik ringan seperti ini dapat membakar hingga 350 kalori per hari. Lumayan kan, itu sama dengan treadmill selama satu jam lho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com