Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghitung Hari, Misi Terakhir Atlantis

Kompas.com - 07/07/2011, 10:13 WIB

KOMPAS.com - Pesawat Atlantis milik NASA dijadwalkan akan melaksanakan misi terakhirnya pada 8 Juli 2011. Atlantis dijadwalkan meluncur dari Kennedy Space Center di Florida pada pukul 11.26 waktu setempat menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Atlantis direncanakan mengangkut 4,5 ton persediaan--sepertiganya berupa pasokan makanan. Para awak pesawat bersiap untuk penyelesaian puncak, mengingat misi 12 hari ini sekaligus menutup rangkaian program antariksa ulang-alik Amerika Serikat.

NASA memperkirakan peluncuran Atlantis ini akan menarik banyak perhatian. Menurut Allard Beutel, juru bicara NASA, "Jumlah penonton diperkirakan berkisar antara 750.000 hingga 1 juta orang."

Empat orang astronot Amerika yang bakal membawa pesawat Atlantis dikabarkan telah tiba di Florida sejak Selasa (5/7/2011). Mereka ialah Chris Ferguson sebagai komandan, Doug Hurley, Sandy Magnus, serta Rex Walheim.

"Ini kedengarannya sudah tahap terakhir. Kami siap. Kami telah terlatih," kata Ferguson. "Kami sebisa mungkin ingin melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan misi," tambah pilot Doug Hurley.

Atlantis telah mengerjakan berbagai misi di antariksa, seperti penelitian dan perbaikan wahana antariksa, juga pengiriman awak dan logistik. (National Geographic Indonesia/Gloria Samantha)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com