Efek Buruk Kedelai buat Pria

Kompas.com - 06/07/2011, 06:24 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Prof Wimpie Yth, saya pernah mendapatkan informasi bahwa makanan-makanan yang mengandung estrogen seperti kedelai tidak baik untuk laki-laki yang sedang dalam masa pertumbuhan. Terlalu sering mengonsumsi makanan mengandung kedelai seperti susu kedelai, tempe atau tahu bisa memengaruhi keseimbangan hormon dan pertumbuhan organ seksual pria. Apakah itu benar? Bagaimana sebaiknya agar pertumbuhan organ seksual lelaki bisa maksimal. Mohon penjelasannya Prof.  Terima Kasih. 

Raihan, 28, Tangerang

 

JAWAB :

Hormon estrogen yang tinggi tentu saja berakibat buruk bagi pria, bahkan bagi wanita juga. Karena itu kadar hormon termasuk estrogen harus berada dalam nilai optimal untuk umur tertentu. Beberapa makanan memang mengandung bahan yang sama seperti estrogen, antara lain kedelai. Jadi, bukan hanya kedelai saja.

Memang ada penelitian yang menunjukkan efek buruk kedelai pada pria, yaitu peningkatan hormon estrogennya, yang lebih jauh mengganggu fungsi seksual reproduksi. Masalahnya, kandungan bahan estrogen tidak selalu sama pada sermua kedelai karena dipengaruhi oleh keadaan tanah dan iklim.

Tetapi jangan terlalu khawatir, sepanjang tidak mengonsumsi kedelai atau bahan mengandung kedelai berlebihan.    



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X