Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Besok, 4 Planet Bikin "Double Date"

Kompas.com - 11/05/2011, 19:35 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Dini hari nanti empat planet yang terdiri atas Merkurius, Venus, Mars, dan Jupiter akan menggelar "double date". Venus akan berkencan dengan Jupiter, sementara Merkurius dengan Mars. Kencan keempat planet itu paling bagus disaksikan sekitar pukul 04.00-05.00 pagi.

Venus dan Jupiter akan bersinar terang. Saking terangnya sehingga tampak seperti dua supernova. Dua planet itu hanya terpisah 0,5 derajat, satu jari cukup untuk menyembunyikan planet dari pandangan. Venus akan bersinar pada magnitudo -3,8 dan Jupiter -2,1.

Merkurius akan terpisah 2 derajat dari Venus. Sementara Mars akan ada sedikit di bawah Merkurius. Sayangnya, cahaya Merkurius dan Mars tak seterang Venus dan Jupiter sehingga lebih sulit mengamati dua planet tersebut.

Pastinya, "double date" keempat planet itu bisa diamati bila langit cerah. Menurut para astronom, kencan keempat planet akan berlangsung 5 jam 38 menit. Pengamatan di siang hari juga mungkin dilakukan, tapi perlu trik sehingga tak merusak mata.

Waktu yang paling baik untuk pengamatan sendiri adalah saat subuh. Pengamatan bisa dilakukan dengan mata telanjang dengan mengarahkan pandangan ke timur. Hingga beberapa saat setelah Matahari terbit, keempat planet diperkirakan masih bisa terlihat.

Pada bulan Mei ini, planet-planet di tata surya kita memang sedang senang berkencan. Tanggal 13 Mei nanti, Merkurius, Venus, dan Jupiter akan membentuk segitiga. Pada tanggal 20 Mei, segitiga baru bisa diamati, terdiri atas Mars, Venus, dan Merkurius.

Kencan antarplanet adalah fenomena konjungsi planet. Selama bulan Mei, Jupiter, Mars, Merkurius, Venus, Uranus, dan Neptunus berada nyaris segaris di sepanjang garis edar semu Matahari. Sebagai final, tanggal 30 Mei nanti, lima planet akan tampak sekaligus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+