Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 April, Hari Penerbangan Antariksa

Kompas.com - 12/04/2011, 21:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 12 April menjadi Hari Penerbangan Antariksa Internasional. Penetapan hari tersebut dilakukan dalam sesi pertemuan khusus PBB, Kamis 7 April 2011.

Inisiatif penetapan hari internasional itu berasal dari Rusia. Penetapan ini sekaligus merupakan penghargaan bagi kosmonot Rusia, Yuri Gagarin, yang berhasil menjadi manusia pertama yang terbang ke antariksa.

"Lima puluh tahun telah lewat sejak momen kemenangan itu. Namun, keberanian Gagarin dan perjalanannya ke luar angkasa terus menjadi inspirasi eksplorasi luar angkasa bagi masyarakat dan negara di dunia," kata Kiyo Akasaka, Komunikasi dan Informasi Publik PBB.

Selain penetapan hari internasional itu, PBB juga menggelar pameran untuk memperingati kesuksesan Gagarin dalam menjalankan misi antariksa 50 tahun yang lalu. Gagarin meluncur ke angkasa pada 12 April 1961 pada pukul 09.07 dari tempat yang kini disebut kosmodrom Baikonur di Kazakhstan. Misi berlangsung selama 108 menit hingga akhirnya Gagarin mendarat di Desa Smelovka Distrik Ternovsky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com