Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kebutaan dengan Omega-3

Kompas.com - 16/03/2011, 16:53 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 bukan hanya baik bagi kesehatan jantung, tetapi juga dapat membantu mengikis risiko mengidap penyakit kebutaan yang berkaitan dengan usia.

Penelitian yang dilakukan William G. Christen Harvard Medical School di Boston Amerika Serikat menunjukkan, konsumsi ikan yang mengandung omega 3 secara signifikan dapat menurunkan risiko terkena Age-related Mucular Degenerations (AMD).

Dalam risetnya, Christen mengkaji data 38,022 wanita yang sebelumnya tidak  mengalami kebutaan akibat penuaan. Riset ini juga merupakan salah satu bagian dari penelitian jangka panjang bertajuk Women's Health Study.

Pola diet para wanita ini diteliti melalui wawancara di awal penelitian, termasuk di dalamnya  informasi mengenai asupan asam lemak DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid) --  asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan. Penelitian juga melacak konsumsi asupan AA (arachidonic acid) dan asam linoleat yang merupakan asam lemak omega-6.

Setelah pemantauan selama sekitar 10 tahun, peneliti menemukan 235 kasus AMD di antara para responden. 

Riset, yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Ophthalmology ini menemukan bahwa wanita yang paling banyak mengonsumsi DHA tercatat  berisiko 38 persen lebih rendah mengidap AMD ketimbang mereka yang mengonsumsinya dalam jumlah terendah.

Konsumsi satu atau lebih sajian ikan mengandung omega 3 dalam seminggu, dibandingkan dengan asupan satu sajian ikan per bulan, berkaitan dengan 42 persen risiko lebih rendah mengalami AMD. 

"Risiko lebih rendah ini hadir terutama pada konsumsi ikan tuna dan ikan berdaging gelap (dark meat)," ujar Christen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com