Kisah Cinta Shakespeare Dalam Animasi

Kompas.com - 15/03/2011, 19:00 WIB
EditorJodhi Yudono

JAKARTA, KOMPAS.com--Cerita tragedi cinta Romeo dan Juliet yang ditulis oleh sastrawan Inggris, William Shakespeare, pada 1500-an kembali diangkat ke layar lebar dalam bentuk animasi dan ditambah unsur humor.

Sutradara Kelly Asbury yang juga menyutradarai "Shrek 2" (2004) dan pernah terlibat dalam film-film animasi besar lainnya seperti "Toy Story" (1995) dan "Beauty and the Beast" (1990) ingin menghadirkan cerita dengan perpaduan tawa dan haru.

"Bila Anda ingin membuat film animasi yang dinikmati seluruh penonton, Anda harus memberikan sedikit sentuhan tawa sekaligus menaruhkan sedikit air mata -namun saya pikir yang utama adalah ketulusan," katanya.

Didukung produser Baker Bloodworth yang sudah 20 tahun berpengalaman di studio Walt Disney dan Elton John sebagai eksekutif produser sekaligus penata musik, film animasi ini pun dilengkapi dengan lagu-lagu populer karyanya yang diaransemen ulang seperti Hello Hello, Love Builds A Garden maupun Rocket Man.

Ceritanya film ini, seperti juga roman Romeo dan Juliet, berkisah tentang permusuhan dua keluarga patung kurcaci (gnome) yang digambarkan hidup saat tidak ada manusia yang melihat mereka dan tinggal bersebelahan di taman yang manusia pemiliknya pun bermusuhan (Mr.Capulet dan Miss.Montague).

Tokoh utamanya adalah Gnomeo (James McAvoy, pernah membintangi "Atonement"), patung kurcaci topi biru anak dari pemimpin koloni biru, Lady Bluebury (Maggie Smith), yang punya seteru abadi patung kurcaci topi merah yang sangat berambisi dan cenderung curang, Tybalt (Jason Statham, sempat membintangi "The Transporter" dan "Crank").

Kehidupan keluarga biru dan merah itu normal bermusuhan hingga Gnomeo bertemu dengan Juliet (Emily Blunt, membintangi "The Devil Wears Prada"), patung kurcaci topi merah cantik putri dari Lord Redbrick (Michael Caine, pernah membintangi "Mona Lisa"), pemimpin patung kurcaci merah, di kebun rumah di belakang mereka.

Awalnya Juliet tidak menyadari bahwa Gnomeo berasal keluarga Biru, padahal ia sudah jatuh cinta pada Gnomeo dan tidak mengerti mengapa keduanya tidak boleh saling menyayangi.

Mereka memutuskan untuk terus bertemu di tempat netral, kebun belakang tempat mereka bertemu, yang ternyata didiami oleh burung plastik flaminggo warna merah muda bernama Featherstone (Jim Cummings, pengisi suara Tigger dalam film "My Friends Tigger & Pooh") yang ceria namun juga menyimpan kesedihan karena terpaksa berpisah dengan pasangannya, burung plastik flaminggo betina.

Kesulitan demi kesulitan dialami oleh pasangan Gnomeo dan Juliet untuk meyakinkan masing-masing keluarga mereka, bahkan Gnomeo sempat dikira sudah mati karena keluarganya mendapati serpihan-serpihan keramik warna biru di jalanan, walau sebenarnya ia masih hidup.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.