Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tsunami Kecil di Bitung dan Halmahera

Kompas.com - 11/03/2011, 21:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengumumkan bahwa gelombang tsunami kecil telah terdeteksi di Bitung, Sulawesi Utara, dan Halmahera, Maluku Utara.

”Telah terdeteksi gelombang tsunami kecil di Bitung pada pukul 18.50 WIB dan Halmahera pukul 19.05 WIB,” kata Kepala Pusdatin BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Jumat (11/3/2011). ”Tinggi gelombang tsunami hanya 0,1 meter,” katanya.

Dia menjelaskan, meskipun kecil, gelombang tersebut merupakan tsunami. ”Bedanya dengan ombak, gelombang tsunami ini bukan disebabkan oleh tiupan angin, melainkan energi dari dasar laut,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah meminta seluruh masyarakat di Tanah Air, khususnya yang berada di wilayah pesisir kawasan timur Indonesia, untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya tsunami pascagempa berkekuatan 8,9 skala Richter di Jepang yang diikuti tsunami. Tsunami dari Jepang diperkirakan sampai ke wilayah Indonesia pukul 18.30.

Lewat satu jam kemudian, sekitar pukul 20.00 WIB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemudian menghentikan peringatan bahaya tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com