Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "Bumi Manusia"

Kompas.com - 28/01/2011, 09:15 WIB

Sutradara Riri Riza (40) kembali akan membuat film dengan latar belakang sejarah yang didasarkan pada sebuah novel. Film ini diharapkan mampu mengimbangi film-film Riri sebelumnya, seperti Gie (2005) atau Laskar Pelangi (2008).

Kali ini, novel yang mendapat giliran adalah karya prestisius Pramoedya Ananta Toer berjudul Bumi Manusia. Novel yang diterbitkan mulai tahun 1990 ini merupakan novel pertama dari Tetralogi Buru yang sempat dilarang peredarannya.

Kabar akan difilmkannya karya Pramoedya ini sebenarnya sudah berembus sejak 2005-2006, tetapi sempat terbengkalai sekian lama. Sampai akhirnya Riri menyatakan siap shooting dengan naskah yang dibuat Jujur Prananto.

Shooting akan dilakukan Agustus-September, Maret 2012 diperkirakan sudah selesai,” kata Riri, yang ditemui bersama Mira Lesmana sesaat sebelum mengisi lokakarya Kompas MuDA di Bali, akhir pekan lalu. Belum diketahui siapa saja yang akan ikut bermain dalam film ini.

Apakah ceritanya akan sama dengan di buku? ”Karena film punya kekuatan dan juga keterbatasan, pasti ada penyesuaian,” papar Riri.

Namun, Riri berusaha menangkap gagasan besar pengarang saat membuat novel itu. ”Novel ini kita anggap karya klasik, kita ambil ide besarnya apa, misalnya pertentangan Barat vs Pribumi,” ujar Riri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com