Sulitkah Menemukan Planet Baru?

Kompas.com - 26/01/2011, 16:53 WIB

Tanya:

Apakah menemukan planet ekstrasurya itu sulit? Bagaimana sih caranya menemukan planet ekstrasolar? Ilmu apa yang dibutuhkan?

Jawab:

Menemukan planet ekstrasurya tidak mudah, dan biasanya sangat sulit. Namun seperti yang telah dibuktikan ilmuwan sekarang, hal itu tidak mustahil, jika teknologi yang mendukungnya dirancang sedemikian rupa untuk mendeteksi planet ekstra surya secara efisien.

Ada berbagai cara untuk menemukan planet ekstrasurya. Cara yang paling mudah saat ini adalah dengan teknik kecepatan radial (silahkan lihat metodenya di http://www.seram-project.net/). Namun untuk masa depan, teknologi yang paling penting adalah direct imaging atau istilahnya pencitraan/pengambilan gambar langsung.

Yang jelas, untuk bisa menemukan planet ekstra surya, harus belajar fisika, dilengkapi dengan ilmu astronomi yang digabungkan menjadi astrofisika. Untuk kuliah bidang astrofisika, disarankan untuk kuliah di luar negeri, biasanya Eropa dan Amerika. Negara-negara di Asia dan Timur Tengah walaupun ada yang cukup kaya, namun masih jauh tertinggal untuk bidang tersebut.