Duet Maut Makanan Sehat

Kompas.com - 26/01/2011, 10:08 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Agar semua kebutuhan tubuh akan zat gizi tercukupi, ahli gizi menyarankan kita mengonsumsi aneka jenis makanan sehat yang berganti-ganti setiap hari. Berikut ini ide paduan yang hebat:

1. Ikan dan brokoli

Paduan ikan dan brokoli berkhasiat memerangi kanker 13 kali lebih kuat dibandingkan dengan hanya dimakan sendiri-sendiri. Begitu kata ahli gizi dari Inggris. Sulfophrane dalam brokoli dan selenium dari ikan membantu menghalangi pembentukan dan penyebaran sel kanker.

2. Pisang dan yoghurt

Zat probiotik dalam yoghurt menyehatkan pencernaan dan mengurangi kolesterol jahat. Sementara pisang adalah sumber zat prebiotik yang memberi makan bakteri probiotik. Keduanya bekerja sama menyehatkan pencernaan kita.

3. Merica hitam dan kunyit

Kunyit memiliki kandungan antiinflamasi. Dipadukan dengan merica hitam, kemampuan kunyit mencegah peradangan jadi makin dahsyat.

4. Bayam dan cabai merah

Sayuran mengandung zat besi seperti bayam hanya diserap tubuh kurang dari 10 persen. Supaya penyerapannya optimal, tambahkan sumber vitamin C seperti cabai merah.

5. Apel dan anggur

Tambahan beberapa buah anggur ungu pada potongan apel bermanfaat mengurangi risiko serangan jantung. Itu karena apel dan anggur sama-sama kaya flavonoid. Zat bernama quercetin di dalam apel bekerja secara sinergi dengan ketekin di dalam anggur untuk mencegah penyumbatan pembuluh arteri.

6. Tomat dan alpukat

Tomat dikenal kaya akan antioksidan bernama betakaroten dan likopen. Tomat merupakan sumber vitamin yang larut lemak, sehingga perlu paduan sumber zat lemak yang sehat. Alpukat atau minyak zaitun adalah paduan bagus untuk tomat. (GHS/diy)



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X