Lapan Simpulkan Lingkaran Dibuat Orang

Kompas.com - 25/01/2011, 19:43 WIB
EditorTri Wahono

SLEMAN, KOMPAS.com — Para peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyimpulkan bahwa crop circle di persawahan Berbah, Sleman, adalah karya orang. Hal tersebut berdasarkan bukti yang ditemukan di lapangan.

Dua ahli Lapan yang dikirim untuk melakukan observasi, Sri Kaloka Prabotosari dan Nizam Ahmad, Selasa (25/1/2011), menjelaskan beberapa hal yang mengindikasikan kalau pola itu buatan manusia. Sebelumnya, Kepala Pusat Pemanfaatan Sain Antariksa Lapan ini meneliti pola yang berada di persawahan. Keduanya menyibak tanaman padi yang roboh dan mencari pusat dari pola itu.

"Di tengah ada lubang sedalam lebih kurang 25 sentimeter dan berdiameter lebih kurang 4 cm," kata Sri. Hal itu menandakan kalau orang yang membuatnya menancapkan tongkat sebagai titik pusat.

Selain itu, kata Sri, polanya tidak terlalu simetris, kalau itu bekas pendaratan UFO polanya akan simetris. Nizam juga menambahkan, di dalam pola ada bagian yang tidak roboh dan tanaman padi di sampingnya tidak roboh seperti di dekatnya.(Tribun Jogja/Hari Susmayanti)

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X