Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah di Planet Asing Gliese 581g Dijual

Kompas.com - 05/01/2011, 09:59 WIB

KOMPAS.com — Beberapa waktu lalu, seorang wanita Spanyol bernama Angeles Duran mendaftarkan dirinya sebagai pemilik Matahari di kantor notaris negara setempat. Menurut rencana, ia kemudian akan mengenakan tarif pada setiap orang yang menggunakan energi matahari.

Kini, dua orang warga negara Amerika, Jason Connell dan Alison Tippins, mengklaim bahwa mereka memiliki planet Gliese 581g, sebuah planet ekstra surya. Keduanya mengatakan, mereka akan mendaftarkan kepemilikan planet yang baru saja ditemukan itu ke PBB.

Planet Gliese 581g merupakan planet yang terletak di konstelasi Libra dan mengorbit bintang Gliese 581. Para ilmuwan mengatakan, planet itu memiliki ukuran pas dan jarak yang tepat dari bintangnya sehingga menjadikannya berpotensi memiliki air dan menunjang kehidupan, sama seperti Bumi.

Tak hanya memiliki, dua warga negara Amerika yang berprofesi sebagai wirausahawan itu juga telah menjual tanah di planet Gliese 581g di eBay. Jika membuka eBay, Anda bisa melihat planet tersebut dijual dengan harga 20 dollar AS per 4 hektar tanah.

Dalam iklannya, dua orang wirausahawan itu mengatakan, dengan biaya hanya 20 dollar AS tersebut, pembeli sudah akan menerima akta tanah yang disegel resmi, foto kualitas tinggi yang merepresentasikan Gliese 581g dan bintangnya, serta salinan ketentuan di planet tersebut.

Connel dan Tippins juga mengubah nama planet tersebut menjadi Zarmina. Mereka menjual iming-iming agar orang tertarik. Misalnya, mereka menjual sebuah fakta bahwa satu tahun di planet tersebut adalah 37 hari sehingga usia harapan hidup otomatis meningkat menjadi 749 tahun.

Untuk memperjuangkan kepemilikan dan bisa menjualnya, Connel dan Tippins memakai alasan yang sama seperti Angeles Duran. Ketentuan PBB hanya memuat aturan dilarangnya suatu negara memiliki benda langit, tetapi tidak secara jelas melarang individu untuk memilikinya.  

Meski fakta tentang planet Gliese 581g sendiri masih menjadi perdebatan, tak bisa dimungkiri penemuannya menyedot banyak perhatian. Temuan planet ini masuk dalam beberapa daftar penemuan terbaik sepanjang 2010, seperti versi Majalah Time, National Geographic, dan Nature.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com