Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Tata Surya di Planetarium, Yuk!

Kompas.com - 27/12/2010, 22:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bingung mengisi liburan sekolah? Planetarium yang berlokasi di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu libur sekolah. Dengan menyaksikan pertunjukkan teater bintang di Planetarium yang berdiri sejak 1969 tersebut, anak dapat memperoleh pengetahuan seputar tata surya.

"Melihat rasi bintang, menceritakan rotasi bumi, zodiak, tentang adanya meteor yang jatuh ke bumi, hasil tumbukkannya, sampai galaksi Bimasakti dengan narasi live," ujar Kepala Seksi Teknik Planetarium Jakarta, Ameer Fatwa, ketika ditemui di Planetarium Jakarta, Senin (27/12/2010).

Ameer mengatakan, sebagian besar pengunjung Planetarium Jakarta adalah pelajar tingkat sekolah menengah pertama dan menengah atas (SMP/SMA) dari luar Jabodetabek. Biasanya, mereka datang bersama rombongan. Jika libur sekolah seperti saat ini, umumnya jumlah pengunjung Planetarium bertambah hingga dua kali lipat.

"Hari biasa, sehari itu kapasitas kursi 350 orang, sehari empat kali pertunjukkan, bisa datang pengunjung 1.200 orang. Kalau hari libur, biasanya lima kali pertunjukkan, jadi lebih dari 1700-an," katanya.

Ia mengatakan, pengunjung Planetarium juga dapat menyaksikan simulasi ruang angkasa melalui pertunjukkan Teater Bintang yang digelar tiap Selasa hingga Jumat untuk pengunjung rombongan, serta hari Selasa hingga Minggu untuk pengunjung perorangan. Lebih rincinya, untuk pengunjung perorangan, pertunjukkan dibuka pukul 16.30 WIB untuk hari Selasa hingga Jumat. Sedangkan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur Nasional, pertunjukkan Teater Bintang dibuka empat kali mulai pukul 10.00, 11.30, 13.00, dan 14.30.

Pada untuk hari libur nasional yang jatuh pada hari Jumat, pertunjukkan dibuka pada pukul 10.00, 13.30, 15.00, dan 16.30. Sementara untuk rombongan, pertunjukkan teater dibuka tiga kali pada Selasa hingga Kamis pukul 09.30, 11.00, dan 13.30.

Pada hari jumat, kata Ameer, hanya terdapat dua waktu pemutaran, yakni pukul 09.30 dan 13.30. Jadwal tersebut tidak berlaku pada hari libur nasional.

Untuk dapat menikmati pertunjukkan simulasi tata surya tersebut, pengunjung cukup membayar Rp 7.000 per orang untuk dewasa dan Rp 3.500 per orang untuk anak-anak di bawah 13 tahun. Sedangkan untuk pengunjung rombongan hanya dikenakan tarif tiket Rp 5.000 per orang untuk nonpelajar dan mahasiswa, serta Rp 3.000 per orang untuk pelajar dan mahasiswa.

Informasi lebih lanjut seperti pendaftaran peserta rombongan, Anda dapat menghubungi 021-2305147. Tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com