Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Johny Setiawan, "Si Kupu-Kupu Malam"

Kompas.com - 18/12/2010, 10:29 WIB

KOMPAS.com — Seperti apa ya keseharian para astronom? Apakah sedemikian rumit seperti bidang yang ditekuninya? Ternyata tidak lho. Astronom pun punya hidup yang juga fun.

Setidaknya, itulah gambaran kehidupan Johny Setiawan, astronom penemu 15 planet ekstrasurya asal Indonesia, yang bekerja di Max Planck Institut fur Astronomie, Jerman.

"Saya bekerja tergantung musim. Kalau musim dingin, saya bekerja dari pukul sepuluh malam sampai jam tujuh pagi. Kalau musim panas, saya bekerja dari jam 6 sore hingga 8 pagi," katanya saat ditemui di sela-sela International Summit Ikatan Ilmuwan Internasional Indonesia (I4) di Jakarta, Jumat (17/12/2010).

Jadi, Johny memang harus selalu dapat shift malam. Pemilihan waktu malam akan mempermudah pengamatan. "Jadi, saya ini anak malam. Kupu-kupu malam," candanya.

Ia pun juga tak kalah update dengan informasi-informasi kecil tentang Indonesia. Ia pun mengenal Mak Lampir, sosok yang disebutnya ketika mengumpamakan kemungkinan planet terbentuk kembali.

Di luar aktivitas rutinnya, Johny masih bisa meluangkan waktu untuk hobinya, yaitu memasak. "Memasak ini saya bukan sekadar suka. It's my passion," ungkap pria kelahiran 16 Agustus 1974 ini.

Keahlian memasak sendiri diperolehnya ketika bekerja sampingan semasa kuliah. Ia menjadi koki di salah satu restoran di Jerman. Hasilnya digunakan untuk membiayai kuliah.

Ketika kembali ke Indonesia seperti saat mengikuti International Summit Ikatan Ilmuwan Indonesia International saat ini, Johny pun juga selalu melirik tempat tertentu untuk have fun. Seperti ketika selesai wawancara dengan Kompas.com, ia bertanya, "Entar malam ke mana ya?" Wah, ternyata astronom juga suka menikmati suasana malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com