Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Jam Terapung di Laut, Masih Hidup

Kompas.com - 17/12/2010, 17:12 WIB

GUANGZHOU, KOMPAS.com - Sebanyak dua pelaut diselamatkan selama lebih dari 20 jam pada Jumat setelah kapal mereka karam di Laut China Selatan, namun 25 orang lain masih belum ditemukan.

"Kapal muatan asal Vietnam, Phu Tan, terbalik dan karam akibat badai besar di 110 mil laut barat kota Sanya, provinsi Hainan, pulau di selatan China," ujar Badan Penyelamat Laut China Selatan menambahkan, sebanyak 27 kelasi terlempar ke laut.

Badan tersebut segera mengirimkan kapal penyelamat untuk mencari kru yang hilang setelah menerima dua panggilan darurat dari Departemen Kelautan Vietnam pada Kamis siang.

Para penolong mengatakan sekitar pukul 7.30 waktu setempat, kapal penyelamat, "South China Sea R 111", tiba di kawasan dengan badai sebesar 75,6 hingga 100 kilometer per jam dan gelombang setinggi enam meter, namun mereka tidak menemukan tanda para korban.

Kapal itu memulai pencarian di kawasan laut yang lebih luas menuju arah dimana para korban selamat terbawa gelombang dan pada pukul 8.40 waktu setempat hari Jumat (17/12/2010) regu penolong menemukan dua pelaut Vietnam di permukaan air Teluk Beibu sejauh 27 mil laut dari titik kecelakaan.

Pencarian bagi ke-25 kelasi yang belum ditemukan masih berlanjut.

Menurut Kantor Berita Vietnam, kapal muatan itu terkena badai ketika mereka berlabuh dari kota Danang, Vietnam tengah, menuju kota Haiphong di utara.

Laporan media sebelumnya mengatakan bahwa Phu Tan merupakan kapal nelayan, namun Kantor Berita Vietnam mengatakan bahwa kapal itu merupakan kapal muatan dengan kru sebanyak 27 orang serta berdaya angkut sebesar lebih dari 14.000 ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com