Penangkapan Assange Tidak Demokratis

Kompas.com - 10/12/2010, 01:53 WIB
EditorEgidius Patnistik

MOSKOWA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin, mengatakan di Moskowa, Kamis (9/12), bahwa penangkapan pendiri WikiLeaks Julian Assange di Inggris atas tuduhan perkosaan merupakan sesuatu yang tidak demokratis.

"Jika kita berbicara demokrasi, maka itu harus lengkap. Mengapa Assange disembunyikan di penjara? Apakah itu demokrasi? Seperti kata orang di desa: ini maling teriak maling," kata Putin kepada wartawan. "Saya ingin mengirim kembali bola itu ke kolega Amerika kita," tambah Putin.

Dia menanggapi sebuah pertanyaan tentang kawat-kawat diplomatik AS yang dirilis WikiLeaks. Banyak diantara kawat-kawat itu yang menilai Rusia sebagai negara diatur dengan gaya tidak demokratis yang dikendalikan Putin dan tandemnya Presiden Dmitry Medvedev.

Putin sebelumnya menanggapi dengan marah WikiLeaks. Ia mengatakan kepada CNN bahwa kawat yang membandingkan hubungan kerjanya dengan Presiden Medvedev dengan karakter kartun Batman dan Robin "bertujuan untuk fitnah salah satu dari kami".

Assange, warga Australia, menyerahkan diri kepada polisi Inggris, Selasa, setelah Swedia mengeluarkan surat perintah penangkapan Eropa untuk dirinya agar bisa ditanyakan tentang tuduhan perkosaan.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X