Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penangkapan Assange Tidak Demokratis

Kompas.com - 10/12/2010, 01:53 WIB

MOSKOWA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin, mengatakan di Moskowa, Kamis (9/12), bahwa penangkapan pendiri WikiLeaks Julian Assange di Inggris atas tuduhan perkosaan merupakan sesuatu yang tidak demokratis.

"Jika kita berbicara demokrasi, maka itu harus lengkap. Mengapa Assange disembunyikan di penjara? Apakah itu demokrasi? Seperti kata orang di desa: ini maling teriak maling," kata Putin kepada wartawan. "Saya ingin mengirim kembali bola itu ke kolega Amerika kita," tambah Putin.

Dia menanggapi sebuah pertanyaan tentang kawat-kawat diplomatik AS yang dirilis WikiLeaks. Banyak diantara kawat-kawat itu yang menilai Rusia sebagai negara diatur dengan gaya tidak demokratis yang dikendalikan Putin dan tandemnya Presiden Dmitry Medvedev.

Putin sebelumnya menanggapi dengan marah WikiLeaks. Ia mengatakan kepada CNN bahwa kawat yang membandingkan hubungan kerjanya dengan Presiden Medvedev dengan karakter kartun Batman dan Robin "bertujuan untuk fitnah salah satu dari kami".

Assange, warga Australia, menyerahkan diri kepada polisi Inggris, Selasa, setelah Swedia mengeluarkan surat perintah penangkapan Eropa untuk dirinya agar bisa ditanyakan tentang tuduhan perkosaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com