Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blokir WikiLeaks, Visa Akan Digugat

Kompas.com - 09/12/2010, 09:23 WIB

KOMPAS.com — Tindakan Visa yang memblokir transfer ke akun donasi kepada WikiLeaks bakal digugat. Alasan yang dipakai Visa bahwa WikiLeaks ada kemungkinan merusak nama baiknya sehingga akan melakukan penyelidikan selama seminggu dinilai tidak masuk akal dan merugikan konsumennya.

"DataCell ehf yang memfasilitasi pengiriman donasi kepada WikiLeaks memutuskan untuk segera melakukan langkah hukum agar donasi berjalan kembali," kata Andreas Fink, CEO DataCell, di situsnya, Rabu (8/12/2010). Ia menyatakan, pemblokiran pengiriman uang ke WikiLeaks merupakan bentuk pelanggaan perjanjian antara Visa dan pelanggannya.

Menurutnya, pihaknya mendapat keluhan dari para pelanggan Visa yang kecewa tak dapat memberikan donasi ke WikiLeaks sejak sistem pembayaran diblokir. Visa juga dinilai merugikan WikiLeaks yang seharusnya dalam seminggu bisa tetap mendapat donasi serta nama baik DataCell ehf.

DataCell ehf juga menuding bahwa yang dilakukan Visa adalah karena adanya tekanan politik. Sebab, selama ini Visa tidak punya masalah dengan pengiriman dana ke situs judi, pornografi, serta situs web yang memperjuangkan hak asasi manusia. "Kami sangat yakin perusahaan kelas dunia seperti Visa seharusnya tidak terlibat dalam politik dan cukup lakukan bisnis sesuai dengan kompetensinya. Mengirimkan uang," tegas Fink.

Selain Visa, DataCell ehf juga menggugat tindakan Mastercard yang melakukan hal yang sama. Namun, DataCell belum merilis secara resmi tindakan yang akan diambil terhadap Mastercard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com