Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swedia: Assange Tidak Diekstradisi ke AS

Kompas.com - 08/12/2010, 08:25 WIB

STOCKHOLM, KOMPAS.com — Jaksa penuntut yang memimpin penyelidikan kasus pemerkosaan oleh Julian Assange, Selasa (7/12/2010), mengatakan, ia tidak bermaksud mengekstradisi bos WikiLeaks itu ke Amerika Serikat jika dibawa ke Swedia untuk menghadapi pengadilan.

"Saya tidak membuat surat perintah penangkapan Eropa terhadapnya agar ia dapat diekstradisi ke AS," kata Marianne Ny kepada wartawan Swedia di kota Gothenburg di selatan negara itu, sebagaimana dilaporkan kantor berita TT. "Penyelidikan tersebut tidak ada kaitannya dengan WikiLeaks. Ini mengenai Assange secara pribadi," kata penuntut itu sebagaimana dikutip laman internet harian Aftonbladet.

Ny berbicara tak lama setelah Assange tampil di sebuah pengadilan di London, tempat ia masih ditahan, menyusul keputusannya untuk menyerahkan diri kepada polisi. Para jaksa penuntut Swedia telah mengajukan surat perintah penangkapan internasional terhadap Assange yang dituduh melakukan kekerasan seksual. Warga Australia berusia 39 tahun tersebut telah menegaskan bahwa ia tidak melakukan kekerasan seksual, sebagaimana dituduhkan, dan akan melawan ekstradisi ke Swedia.

Jaksa Agung AS Eric Holder menyatakan, latar belakang dari pembeberan massal kawat diplomatik AS oleh laman internet yang dipimpin Assange merupakan persoalan penyelidikan kriminal meski sejauh ini tidak ada permintaan ekstradisi resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com