Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assange Tolak Ekstradisi ke Swedia

Kompas.com - 07/12/2010, 20:12 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan berjuang melawan upaya ekstradisi ke Swedia. Pengacaranya di London Jennifer Robinson mengatakan Assange akan menolak untuk kembali ke Swedia karena takut ia dapat diserahkan ke Amerika Serikat (AS), yang sedang geram atas pengungkapan kawat diplomatik yang dilakukan WikiLeaks.

"(Jaksa Swedia) mengatakan kepada publik dalam siaran televisi malam kemarin bahwa apa yang ia inginkan adalah keterangan dari sisi Assange. Kami menawarkan hal tersebut dalam beberapa kesempatan. Tidak perlu baginya untuk kembali ke Swedia hanya untuk melakukan itu," kata Robinson, Selasa (7/12/2010).

Lewat situs WikiLeaks, Assange mempublikasikan ratusan ribu kawat diplomatik AS, yang memicu gelombang kepanikan berbagai ibu kota dunia. Banyak pemerintah negara marah kepada WikiLeaks dan menyebutnya tidak bertanggung jawab. Bahkan beberapa negara memblokir akses internet ke situs tersebut.

Sementara, tak lama setelah itu pihak berwenang Swedia ingin memeriksanya terkait tuduhan pelecehan seksual yang dilakukannya selama tinggal di Swedia. Swedia kemudian meminta bantuan Interpol untuk menangkap Julian Assange di manapun ia berada. Assange yang tinggal di London kemudian menemui aparat kepolisian London, Selasa (7/12/2010). Polisi Inggris yang telah menerima surat permintaan penangkapan dari Swedia kemudian menahan pendiri Wikileaks tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com