Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kearifan Lokal Kuatkan Pariwisata

Kompas.com - 06/12/2010, 15:14 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kearifan lokal selayaknya dapat ikut membentuk ilmu pengetahuan dan penemuan modern. Sehingga inovasi modern dapat digunakan secara bijak dan harmonis dengan alam. Hal tersebut diutarakan Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Prof. Ir. Sudjarwadi, M. Eng., Ph.D dalam sambutan pembukaan WISDOM 2010 di UGM, Senin (6/12/2010).

Sehubungan dengan erupsi Gunung Merapi, lanjut Sudjarwadi, UGM telah mempelajari pengetahuan baru dan bersama berbagai pihak mengupayakan kondisi yang lebih baik untuk korban erupsi Merapi. "Kami berusaha mendorong masyarakat untuk membangun pengetahuan agar dapat hidup berdampingan secara harmonis dengan Gunung Merapi, gunung paling aktif di dunia," katanya.

Menurut Sudjarwadi, Gunung Merapi dapat memberikan pelajaran kepada masyarakat mengenai sumber daya alam, sosial, ekonomi, budaya, lingkungan sampai politik.

Sementara itu, Director and Representative of UNESCO Office, Regional Science Bureau for Asia and the Pacific, Prof. Hubert Gijzen, Ph.D turut hadir memberi sambutan. Ia mengatakan perlunya kearifan lokal untuk menguatkan sektor pariwisata.

"Kita berada di dekat Gunung Merapi dan dua UNESCO Heritage Site, Candi Prambanan dan Candi Borobudur," kata Gijzen. Candi Borobudur, jelasnya, pasca erupsi Gunung Merapi tertutup debu vulkanik.

Seperti kembali ke masa lalu saat candi tersebut tertimbun tanah akibat letusan gunung dan tersembunyi di dalam hutan menunggu untuk ditemukan. Ia berharap kearifan lokal dan ilmu modern dapat membantu pembenahan kembali Candi Borobubur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com