Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisdom Digelar di Yogyakarta

Kompas.com - 05/12/2010, 10:54 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Heritage tourism akan dibahas dalam Perhelatan World Conference on Culture, Education Science - WISDOM 2010, yang berlangsung mulai hari ini Minggu (5/12/2010) sampai 8 Desember 2010. Ekonomi kreatif pun menjadi salah satu topik yang akan dibahas.

Acara ini diselenggarakan oleh Universitas Gajah Mada dan Panitia Pelaksana WISDOM 2010 dan bertempat di kampus UGM serta beberapa lokasi sejarah dan budaya di Yogyakarta. Awalnya penyelenggaraan WISDOM 2010 berencana di bulan November. Tapi terpaksa tertunda karena erupsi Gunung Merapi.

Dalam acara ini, diskusi akan membahas kearifan lokal dalam dunia global. Beberapa tema yang dibahas selain pariwisata antara lain kompleksitas dan kontradiksi multikultural, perubahan pendidikan di dunia global, mengelola lingkungan, perubahan teknologi, serta kearifan lokal dan kesehatan.

Nantinya akan ada Post Merapi Eruption Social Program.  Peserta akan melakukan lawatan ke beberapa desa dan lokasi pengungsian korban letusan Gunung Merapi. Harapannya para peserta akan memahami kearifan lokal yang berperan sebagai sumber daya alam dalam menjaga Merapi dan penduduk sekitarnya.

Salah satu pembicara yang akan hadir adalah Jean-Michel Cousteau dari Perancis. Cousteau dikenal sebagai penjelajah, pemerhati lingkungan, pendidik, dan produser film. Ia menyuarakan kepentingan laut dan kebijakan lingkungan di berbagai belahan dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com