Cari Wikileaks, Silakan ke Swiss

Kompas.com - 03/12/2010, 20:06 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Enam jam lamanya, WikiLeaks sempat “tiarap”. Kini, situs internet yang piawai membocorkan rahasia negara itu sudah kembali online. Alamat barunya di Swiss adalah wikileaks.ch.

Menurut warta AP dan AFP pada Jumat (3/12/2010), penyedia domain sebelumnya, EveryDNS.net, mengatakan bahwa pihaknya telah menghentikan layanan itu karena wikileaks.org mendapatkan serangan dunia maya besar-besaran.

Dia mengatakan, serangan itu mengancam prasarana (infrastruktur) mereka dan membahayakan akses ke ribuan situs lain.

Wikileaks mengatakan, situsnya mengalami gangguan sejak menerbitkan ribuan rahasia kabel diplomatik AS. Memo yang membicarakan hubungan AS dan kegiatan militernya itu menyebabkan kehebohan besar di seluruh dunia.

Dalam pesan singkat di Twitter, Wikileaks mengakui bahwa domainnya sudah "dibunuh" oleh EveryDNS.net. Tidak jelas berapa lama gangguan terhadap situsnya itu akan berlangsung.

Dalam satu pernyataan di situsnya, EveryDNS.net mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan pemberitahuan 24 jam kepada Wikileaks yang batas waktunya berakhir pada pukul 03.00 GMT, 2 Desember 2010.

Dia mengatakan, domain wikileaks.org menjadi sasaran "serangan yang menghalangi akses (DDOS)". "Serangan-serangan itu, dan juga serangan selanjutnya, akan mengancam stabilitas prasarana (infrastruktur) EveryDNS.net, yang menyediakan akses bagi hampir 500.000 situs lainnya," kata penyedia domain tersebut.

"Setiap kali terjadi kemacetan situs wikileaks.org, hal itu disebabkan oleh kegagalannya menggunakan penyedia layanan DNS lain," tambahnya.

Wikileaks mengatakan, situs internetnya diserang sejak mulai menerbitkan lebih dari 250.000 teleks diplomatik rahasia AS.

Wikileaks pindah ke toko online, Amazon, untuk mendapatkan layanan domain. Namun, perusahaan tersebut menghentikan persetujuan itu pada hari Rabu. Langkah Amazon disambut baik oleh para pejabat AS.

Wikileaks mengatakan, situsnya sekarang menggunakan domain yang disediakan oleh perusahaan penyedia di Eropa.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X