Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Sapta: 'Jurassic Park' Ada di Indonesia

Kompas.com - 29/11/2010, 15:37 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Orang Amerika bermimpi membuat jurassic park, sementara Indonesia sudah memiliki "Jurassic Park of Indonesia". Taman jurasik yang dimaksud adalah Pulau Komodo, NTT. Hal ini diungkapkan oleh Dr Sapta Nirwandar, Dirjen Pemasaran Kembudpar sekaligus pemrakarsa Kampanye Taman Nasional Komodo kepada Kompas.com, Senin (29/11/2010).

Wisatawan asing, jelas Sapta, sering menyebut Pulau Komodo sebagai "Jurassic Park" karena komodo yang menghuni pulau tersebut merupakan binatang purba yang disebut-sebut masih bersaudara dengan dinosaurus.

Pulau Komodo menjadi salah satu nominasi 7 Keajaiban Dunia Baru untuk kategori alam versi www.new7wonders.com dan bersaing ketat dengan Amazon, Grand Canyon, Galapagos, dan lain lain. Pada 11 November 2011, pemenangnya akan diumumkan.

Karena itulah, ucap Sapta, pemerintah menetapkan tema wisata untuk tahun 2011 dengan tahun kunjungan Pulau Komodo.

"'Visit Pulau Komodo' supaya orang aware dengan Pulau Komodo," ungkap Sapta. Ia juga berharap bahwa pada 2011, kampanye mengenai komodo semakin gencar.

Kampanye Taman Nasional Komodo yang masuk ke New7Wonders memberi dampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asing.

"Kenaikan 14-20 persen terlihat dalam rentang waktu 6-7 bulan belakangan ini," kata Sapta. Hanya dalam waktu setengah tahun tersebut, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Pulau Komodo mencapai 42.000 orang.

"Kalau sampai kita menang, dampaknya akan lebih dashyat lagi," tambahnya. Karena itu, Sapta menjelaskan bahwa Taman Nasional Komodo perlu dipersiapkan sebaik-baiknya.

Menurut Sapta, kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana Taman Nasional Komodo sudah mengalami peningkatan. Kini sudah ada beberapa hotel yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan untuk menginap. Untuk menuju Pulau Komodo, wisatawan bisa melalui Labuhan Bajo, NTT. Pesawat ke Labuhan Bajo tadinya cuma satu kali penerbangan per hari. Sekarang, setiap harinya sudah ada tiga sampai empat kali penerbangan.

Pulau Komodo terpilih dalam 28 nominasi New7Wonders setelah "menyisihkan" 412 nominasi dari 218 negara. Pengumpulan suara masih berlangsung hingga tahun depan. Siapa pun bisa ikut memberikan suara dengan mengunjungi www.new7wonders.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com