Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Lima Sapi, Sumarwi Tak Mau Ngungsi

Kompas.com - 09/11/2010, 17:07 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Prajurit Marinir dari Pasmar-1 mampu membujuk dua warga Dusun Dompo, Kemalang, Klaten, Jateng, yang masih bertahan di rumahnya untuk dievakuasi dari kawasan Gunung Merapi.

Staf Penerangan Pasmar-1 Pratu Akmal kepada dalam surat elektroniknya, Selasa (9/11/2010) melaporkan, dua warga yang telah dievakuasi itu adalah Arjo Wiroyo Surabi (70) beserta istrinya Ny Sumarwi Arjo Wiroyo (65).

"Suasana sekitar Gunung Merapi masih mencekam, namun masih banyak warga di sekitar Gunung Merapi yang masih bertahan tinggal di kampungnya," tuturnya.

Oleh karena itu, Prajurit Marinir dari Pasmar-1 dan lima anggota Kopasus yang sedang berpatroli menelusuri Dusun Dompo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

"Mereka akhirnya menemukan rumah yang masih ditinggali oleh penghuninya ketika Ny Sumarwi Arjo Wiroyo sedang menjemur pakaian di belakang rumahnya," paparnya.

Satu tim Marinir Pasmar-1 dan lima personel dari Kopasus yang dipimpin Letda Mar Laude Rustam pun menghampiri ibu tersebut.

"Mereka bertanya kenapa ibu masih bertahan di rumah, padahal di kampung ini sudah dilarang untuk ditempati dan ia mengaku masih berat meninggalkan lima sapi yang diperliharanya karena jika ditinggal tidak ada yang memberi makan," katanya.

Ternyata, Ny Sumarwi tidak sendirian, karena suaminya pun tetap tinggal di rumah itu, sehingga Letda Marinir Laude beserta anggota membujuk kedua orang tua itu untuk segera mengungsi ke daerah yang lebih aman.

"Itu karena informasi dari BMKG dan Pos Pantau Balai Rantai bahwa jarak aman bencana alam Gunung Merapi saat ini adalah radius 20 kilometer, sedangkan Dusun Dompo, Kemalang hanya berjarak sekitar 15 kilometer," tuturnya.

Rencananya, tim Marinir akan mengevakuasi keduanya ke Posko Tim Evakuasi Marinir di Kemalang, Jawa Tengah, yang berajarak 35 kilometer dari Gunung Merapi.

"Proses evakuasi itu diamankan Pasi-1 Satgas Bencana Alam Merapi Pasmar-1 Kapten Laut (K) Wahyudi dan Danton Provos Letda Marinir Surolid," ujarnya menjelaskan.

Sebelumnya, Komandan Pasmar-1 (Danpasmar-1) Kolonel Marinir A. Faridz Washington dan Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir Hasanudin mengunjungi Posko Peduli Korps Marinir untuk bencana alam Merapi di Klaten, Jateng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com