Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan LSM Inggris Terhadang Badai Laut

Kompas.com - 02/11/2010, 03:01 WIB

SIKAKAP, KOMPAS.com — Penyaluran bantuan kemanusiaan dari Lembaga Swadaya Masyarakat Muslim Hands International atau MHI asal Inggris untuk korban tsunami di Pulau Pagai, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dihadang badai laut dan gelombang tinggi sehingga terlambat diterima para pengungsi.

Bantuan itu telah tiba di posko bantuan di Sikakap sejak dua hari lalu, tetapi belum bisa didistribusikan karena perahu motor yang membawanya dihadang badai laut, kata relawan MHI, Rustam Effendi, di Sikakap, Senin (1/11/2010) malam.

Ia menyebutkan, MHI merupakan LSM kemanusiaan yang berpusat di Inggris, dan untuk Indonesia berpusat di Medan, turun dalam misi kemanusiaan di Mentawai bergabung dengan LSM Bulan Sabit Merah.

Menurutnya, MHI telah menyiapkan bantuan berupa bahan kebutuhan pokok yang akan dibagikan dalam paket, dan setiap keluarga korban akan diberikan satu paket bantuan.

"Dalam satu paket itu berisi satu kilogram gula pasir, satu kilogram minyak goreng, dan tiga kilogram beras, serta 10 mi instan," ujarnya.

Ia mengatakan, paket-paket bantuan itu kini telah ditumpuk di posko bantuan di Sikakap dan secepatnya didistribusikan kepada korban tsunami, terutama yang berada di wilayah terpencil.

Namun,  beberapa kali bantuan itu  dibawa dengan perahu motor, tetapi selalu gagal karena dihadang gelombang besar dan badai laut, tambahnya.

Akibatnya, bantuan baru bisa diberikan kepada para korban yang berdomisili di Sikakap, sedangkan tujuan utamanya untuk korban di desa terpencil belum bisa dilakukan, kata Rustam.

Jika cuaca membaik, menurut dia, bantuan kembali diberangkatkan dengan perahu motor dan diharapkan sampai ke tangan para korban secepatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com